Garuda Indonesia Siap Jajal Bandara Sibisa

Share it:

Pemerintah berencana untuk melakukan pelebaran terhadap bandar udara (bandara) lainnya yang ada di Sumatera Utara, yakni Bandara Sibisa. Rencananya, pada Maret 2017 akan dilakukan pelebaran runway hingga menjadi 45 meter dan panjang runway 2.400 meter.
Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan, pihaknya akan menyiapkan jadwal dan rute penerbangan untuk Bandara Sibisa. Dengan catatan, jika bandara tersebut telah rampung diperpanjang dan diperlebar secara keseluruhan baik dari sisi bangunan bandara hingga runway.
Saat ini, Bandara Sibisa hanya memiliki landasan pacu (runway) dengan panjang 700 meter dan lebar 23 meter. Bandara Sibisa resmi beroperasi tanggal 15 November 2006 dan diikuti dengan dimulainya penerbangan perdana Susi Air rute Medan-Sibisa.
"Ini belum siap. Airport-nya belum siap. Ini kan kita baru pembahasan awal. Kalau runway sudah siap, semua sudah siap, kita penambahan untuk jadwal terbang," ucapnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (5/10/2016).
Adapun rencana pemerintah untuk melebarkan runway Bandara Sibisa, nantinya dipastikan akan mampu mendaratkan pesawat dengan badan lebar (wide body) seperti Boeing 737.
"Kalau tadi disampaikan sampai ke 2.400-2.500 m, berarti bisa satu (Boeing) 737," imbuhnya.
Pengembangan Bandara Sibisa, di Toba Samosir (Tobasa), Sumut dilakukan dalam rangka memperpendek jarak tempuh wisatawan yang hendak melancong ke Danau Toba sehingga meningkatkan potensi pariwisata di daerah tersebut.
Selama ini, wisatawan yang ingin ke Danau Toba melalui Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut. Namun masih cukup jauh bagi para wisatawan menjangkau Danau Toba. Wisatawan mancanegara menginginkan akses yang lebih efisien dan cepat.


Share it:

Gallery

Post A Comment:

0 comments: